Tuesday, August 1, 2017

5 Sifat & Sikap Orang Jepang Ini Patut Dicontoh

Fitria Rahmarisya

Unique Blog | 5 Tips Sukses Orang Jepang Ini Patut Dicontoh - Jepang yang kalah dalam perang dunia ke 2 dan kota Hiroshima dan nagasaki dibom membuat banyak orang tewas dan semenjak saat itu Jepang bangkit dan membangun tata negaranya menjadi maju dan berinovasi sampai saat ini.

Telah kita ketahui sendiri, jika Jepang yang masuk dalam negara industri baru ini dari dulu memang negara ini senang memproduksi beberapa produk yang sudah mendunia. Seperti honda,yamaha,suzuki ataupun produk lain seperti mobil dll. Dibalik kesuksesan negeri sakura itu,mereka memiliki sifat dan sikap yang membuat Jepang menjadi maju.


Sumber daya manusia mereka juga sangat berkualitas dan mampu mengolah semuanya di dalam negeri mereka dengan baik yang membuat mereka menjadi maju. Unique Blog sengaja membagikan artikel berikut untuk anda agar anda bisa mencontoh sifat dan sikap mereka.

Tips Sukses Orang Jepang 

1. Kreatif Dan Inovatif
Bukan sebuah rahasia lagi,jika Jepang memiliki SDM yang kreatif dan juga inovatif. Mereka juga selalu mengolah berbagai produk dan menciptakan produk baru dan terus mengembangkan potensi. Tak heran jika negeri Sakura menjadi negara yang maju. Karena semakin lama memang persaingan kerja dan pasar sangat ketat,sehingga memiliki rasa kreatif dan inovatif memang harus kita miliki juga.

2. Pantang Menyerah
Sikap pantang menyerah dan bekerja keras merupakan sikap yang dimiliki oleh masyarakat Jepang. Ya,memang sudah seharusnya kita memiliki pantang menyerah dan bekerja keras agar kita juga bisa menjadi sukses seperti Jepang. Diketahui juga di Jepang ada pelajaran tentang kegagalan yang dikenal dengan istilah shippaigaku.

3. Memiliki Rasa Malu Yang Tinggi
Rasa malu sudah ditanamkan sejak zaman dahulu di Jepang. Ya,karakter ini bisa kita ambil karena jika dunia bisnis mereka merasa tidak kompeten mereka akan mundur dan memperbaikinya dan mengembangkannya hingga benar-benar berkembang. Hal ini membuat Jepang menjadi negara yang maju karena mereka memiliki rasa malu yang tinggi.

4. Mandiri Dan Hemat
Memiliki sikap mandiri dan hemat memang kita sering diajarkan dari lingkungan keluarga. Orang Jepang juga memiliki sikap mandiri agar bisa  lebih bersaing lagi dengan persaingan kerja dan pasar yang ketat untuk menjadi pribadi yang baik yang membuat Jepang menjadi negara yang maju.



5. Memiliki Sikap Saling Menghormati

Kebiasaan baik orang Jepang yaitu menghormati orang lain. Sebagai fakta, misalnya kita menabrak dan merasa kita yang salah, tetapi yang ditabrak akan meminta maaf terlebih dahulu sebelum kita meminta maaf.

Ada yang mengatakan, bahwa sikap menghargai yang dilakukan oleh orang jepang merupakan salah satu perwujudan rasa syukur mereka. Jadi begitu toh, cara orang Jepang bersyukur.

Sikap saling menghargai sudah mendarah daging di dalam jiwa bangsa Jepang. Orang Jepang juga sangat menghargai makanan. Pedagang di Jepang sangat menghargai pembelinya, mereka berfikir bahwa bisnis mereka tergantung dari pembeli.

Menurut seseorang yang pernah pengalaman tinggal di Jepang. Kondisinya, dimana pembeli dan pelanggan dilayani dengan ramah, sekalipun pembeli komplen sambil marah-marah, orang yang komplen jarang dimarahi balik.

Pengalaman lainnya dari dia, bahwa jumlah tempat ibadah umat Islam (masjid) dan makanan halal untuk umat Islam semakin memadai.

Orang Jepang sadar betul betapa pentingnya pelayanan untuk orang Islam (dari berbagai Negara) yang datang ke Jepang, baik untuk berwisata, bisnis, dll, pelayanan yang baik ini tentunya untuk meningkatkan ekonomi jepang juga.


Di beberapa Negara, kita saksikan mereka (pemerintahannya) sangat antipati bahkan memusuhi segala hal yang berbau Islam, padahal orang Islam di dunia ada lebih dari 1 Milyar. Salah satu bentuknya yaitu ingin memusnahkan semua Masjid yang ada di Negaranya.

Nah,sudah seharusnya kita mengambil sisi positif dari sikapnya orang Jepang yang menjadikan Jepang negara maju. Agar kelak Indonesia bisa menjadi maju di masa depan seperti Jepang dan negara-negara lain. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Powered by Blogger.