5 Negara Ini Gunakan Bahasa Jawa Sebagai Bahasa Keseharian

Unique Blog | Unik, 5 Negara Ini Gunakan Bahasa Jawa - Bahasa Jawa adalah bahasa asli daerah di Indonesia. Penduduk di Pulau Jawa dan suku Jawa sendiri sangat banyak sekali di berbagai daerah di Indonesia serta di berbagai negara di luar Indonesia.

Jawa sendiri dibagi menjadi dua yaitu bahasa Jawa halus dan kasar. Jika logat orang Yogyakarta halus,berbeda dengan orang Surabaya dan Jawa Timur. Bahasa Jawa sendiri sudah mendunia dan ternyata beberapa negara ini menggunakan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-harinya.


Berikut sudah kami rangkum beberapa negara yang menggunakan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari dari berbagai sumber.

1. Malaysia
Malaysia merupakan negara yang satu rumpun dengan Indonesia dan bahasa yang digunakan pun juga mirip dengan bahasa Indonesia yaitu Melayu. Masyarakat Jawa di negara ini saat ini merupakan generasi ketiga dan keempat. Meskipun mereka masih menggunakan dan melestarikan adat Jawa tetapi mereka sudah dianggap sebagai orang pribumi Malaysia yang sah. Orang Jawa di negara ini menyebar di beberapa wilayah yaitu disekitar Tanjung Karang, Kelang, Banting, Sabak, Bernam, dan Sepang.

2. Singapura
Singapura merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk orang Jawa yang terbilang cukup besar, bahkan di negara ini terdapat beberapa kampung Jawa yang dihuni oleh orang Jawa asli. Pada tahun 1825 banyak orang Jawa dari Jawa Tengah yang dibawa ke Singapura, mereka dipekerjakan di negara ini sebagai buruh perkebunan karet, pekerja kereta api, dan juga sebagai pekerja di konstruksi jalan raya. Beberapa kampung Jawa yang ada di Singapura, yaitu berada di Rochor dan Kallang. Semua orang Jawa yang menetap di negara ini hidup rukun dengan orang China dan Melayu. Inilah salah satu bukti bahwa bahasa Jawa telah mendunia.

3. Suriname
Suriname merupakan salah satu negara yang berada di Amerika Selatan, dulu negara ini bernama Guyana Belanda dan merupakan negara bekas jajahan Belanda. Pada tahun 1890-1939 banyak orang Jawa yang dibawa ke negara ini dari Hindia-Belanda, sehingga tak heran jika sekarang ini ada sekitar 75.000 orang Jawa yang telah tinggal di Suriname dan mereka tetap menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa keseharian mereka.

4. Belanda
Belanda merupakan negara yang pernah menjajah Indonesia, selama menjajah Indonesia negara ini juga mengirim sebagian orang Jawa ke Belanda untuk dijadikan budak. Sehingga tak heran jika bahasa Jawa juga sangat familiar di negara ini. Yang lebih unik lagi adalah minat orang Belanda terhadap bahasa Jawa dan juga sastra Jawa, bahkan di negara ini bahasa Jawa juga masuk dalam daftar bahasa yang dipelajari di salah satu Universitas tertua di Belanda yaitu Universiteit Leiden yang telah di didirikan pada tahun 1575. Inilah salah satu bukti ternyata bahasa Jawa benar-benar mendunia.

5. Kaledonia Baru
Kaledonia Baru merupakan salah satu negara yang terletak di Samudra Pasifik dan merupakan negara milik Perancis. Sebagian besar dari penduduk negara ini adalah orang Jawa dan mereka dikirim ke negara ini dipekerjakan sebagai kuli kontrak untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi. Orang Jawa yang berada di negara ini tetap menggunakan dan melestarikan bahasa Jawa sebagai bahasa keseharian mereka, tetapi generasi mudanya lebih banyak menggunakan bahasa Perancis.

Nah,kini anda tahu kan tentang 5 Negara yang gunakan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari? Bangga jadi orang Indonesia khususnya suku Jawa ya.Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.
Tag : Indonesia
Back To Top