Monday, August 15, 2016

Inilah Sejarah Beberapa Lomba 17 Agustus HUT RI Dan Maknanya

Inilah Sejarah Lomba Agustus Dan Maknanya - Menyambut hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus biasanya selalu mengadakan lomba-lomba yang akan dipersiapkan nanti  yang bertujuan untuk meriahkan kemerdekaan Indonesia. Biasanya diadakan setelah 17 agustus,karena biasanya upacara terlebih dahulu baru berlomba. Biasanya lomba yang sering diadakan adalah lomba kerupuk,lomba panjat pinang,lomba tarik tambang,lomba balap karung dll. Tahukah anda dari beberapa lomba tersebut ada maknanya tersendiri dan sejarahnya?

Ya,bagi beberapa orang pasti tidak banyak yang tahu. Maka dari itu Unique Blog akan memberikan informasi mengenai Inilah Sejarah Beberapa Lomba 17 Agustus HUT RI Dan Maknanya. Berikut informasi yang perlu anda ketahui...


1. Lomba Makan Kerupuk
Sejarah lomba makan kerupuk sendiri dahulu masyarakat saat penjajahan didera kesulitan sandang, pangan dan papan. Untuk makan yang paling sederhana sekalipun dibayangi kesulitan, akibat hasil panen pangan utama diambil kaum penjajah. Rakyat kesulitan pangan mengalami penderitaan kekurangan gizi dan badan menjadi kurus kering, sedangkan akibat terparah adalah perut membuncit meski kelaparan (busung lapar). Oleh karena itu, kesulitan mendapatkan pangan diperparah dengan kondisi fisik yang lemah untuk mendapatkan makanan. Disini kita berusaha untuk tidak pernah lupa pada sejarah masa-masa kelam dan berusaha untuk lebih baik dalam membangun negeri ini, mengisi kemerdekaan. Maka dari itu diadakan lomba makan kerupuk.


2. Lomba Panjat Pinang
Sejarah lomba panjat pinang sendiri karena para pahlawan kita di saat zaman penjajahan memliki sikap pantang menyerah. Salah  satunya adalah selalu mengibarkan bendera merah putih dan memanjat sampai ke puncak walaupun harus berdarah atau meninggal. Maka dari itu kini diadakan lomba panjat pinang yang bertujuan untuk mengisi kemerdekaan dan menghargai para pahlawan yang gugur dahulu.



3. Lomba Balap Karung

Saat penjajahan, sebagian besar rakyat mengalami penderitaan sangat berat. Bahan pakaian diambil kaum penjajah, yang tertinggal adalah plastik, karet, dan karung. Mau tidak mau, rakyat hanya mengenakan pakaian berasal dari karung goni. Kain yang berserat kasar tersebut menimbulkan gatal-gatal di kulit sehingga saat tibanya kemerdekaan disambut rakyat dapat berpakaian layak kembali. Sebagai bentuk pelampiasan kekesalan terhadap penggunaan kain berbahan karung, maka rakyat menginjak-injak karung. Namun makna lain dari balap karung adalah, betapa sulitnya berlari ketika kedua kaki terkungkung. Sejauh apapun “melompat” tetap akan mengalami kesulitan akibat dihalang-halangi. Nah,diadakannya lomba balap karung untuk mengingat zaman penjajahan dulu.


4. Lomba Tarik Tambang

Tarik tambang adalah lomba yang sering diadakan saat agustusan. Tarik tambang mempunyai makna bahwa persatuan sebagai modal utama untuk mengalahkan penjajah. Lomba ini ini juga mengajarkan bagaimana membentuk tim yang kompak dalam menyusun strategi yang tepat untuk dapat menarik tambang dengan kuat sampai memenangkan lomba.


Nah,kini anda sudah tahu kan beberapa sejarah dan makna dari lomba 17 agustus HUT RI? Ya,semoga di hari kemerdekaan ini kita bisa mengisinya dengan positif dan baik. Demikian informasi yang bisa disampaikan dan terima kasih telah membaca artikel ini.
Back To Top